You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Peduli Upah Kecil, Jokowi Kunjungi Buruh di Rorotan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Jokowi Jenguk Buruh yang Sakit di Cilincing

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menjenguk tiga buruh yang tengah sakit dan tergolek lemas di rumah kontrakannya di Jl Gg H Mohtar, RT 02/04, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (1/5). Satu diantara tiga buruh yang dijenguk Jokowi itu menderita sakit di bagian lengannya akibat kecelakaan kerja yang dialami.

Kita ke sini mau menengok Pak Abdullah, karena enam bulan yang lalu kecelakaan kerja dan hingga sekarang belum sehat, nanti akan di cek di RS Saint Carolus

Buruh yang mengalami patah tangan itu bernama Asep (34). Sedangkan rekannya, Abdullah (34) menderita sakit dibagian pinggang serta Umar (45) yang mengalami stroke. Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Anggota Komisi IX DPR, Rieke Dyah Pitaloka dan Kepala Sudin Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Jakarta Utara, Mujiyono.

"Kita ke sini mau menengok Pak Abdullah, karena enam bulan yang lalu kecelakaan kerja dan hingga sekarang belum sehat, nanti akan di cek di RS Carolus," ujar Jokowi, Kamis (1/5).

Demo Buruh, Layanan Transjakarta Koridor 1 Terhenti

Kepada Jokowi, ketiganya yang bekerja di PT Tunas Baru Sejahtera mengeluhkan kecilnya upah yang mereka terima dari tempat kerjanya. Mereka mengaku menerima upah Rp 200 ribu per Minggu. 

Abdullah mengaku, sudah 14 tahun bekerja di perusahaan tersebut. Namun, upah yang diterimanya tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Terlebih, saat ini dirinya dalam kondisi sakit sehingga tidak bisa berbuat apa-apa.

"Saya beerja sebagai kuli angkut barang. Seminggu dapat Rp 200 ribu. Belum lagi kalau tertimpa benda berat, paling disuruh urut saja, karena perusahaan tempat saya bekerja tidak dapat jaminan kesehatan pak," kata Abduh saat mengadu kepada Jokowi.

Kepala Sudin Nakertrans Jakarta Utara, Mujiyono menambahkan, pihaknya akan berupaya membantu Abdullah dan rekan-rekannya dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan serikat buruh yang menjadi advokasi di PT Tunas Baru Sejahtera.

"Mereka sudah berjanji akan membuat laporan, termasuk mengenai minimnya upah yang mereka terima. Setelah itu kami akan lakukan pengecekan dan pengawasan terhadap perusahaan tersebut," tandas Mujiyono.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye923 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye885 personAldi Geri Lumban Tobing